Posted in Anak

Ketika Darrell Sakit (lagi)

Beteee… Udah nulis panjang2 lah kehapus karna BB direstart ๐Ÿ˜ฆ

Yup mo cerita tentang Darrell ne, si kecilku lagi bobo ne, hari ini dia agak rewel, gak tau kenapa deh.
Barusan Jumat kemaren 16 Des 11, si kecil sakit (lagi) muntaber.
Sekitar pukul 14.00 siang dia mulai muntah2 sampe 7 kali di jam 00.00, hmmmmm… Pusingnya minta ampun deh, mana khawatir dia kenapa2, mana bingung dia make baju apa karna bajunya semua basah dimuntahin, udah gitu ditambah pup cair 2 kali lagi :(…
Untungnya papi cepet pulang bantuin bersihin muntahannya. Apalagi suhu tubuhnya mulai naik sampe 37.9 ๐Ÿ˜ฅ

Akhirnya sekitar pukul 20.30 aku kasih obat primperan sisa dari dokter Nadjib SPA sebulan yang lalu dia muntaber, muntahnya lumayan berkurang namun kalo diberi susu lagi dia kembali muntah, jadinya dikasih susu dikit2 aja, daripada banyak tapi dimuntahin.
Alhasil aku jadi miris dia nangis n rewel semalaman karna kehausan.
Namun oralit tetap sedia setiap habis pup segera kuminumin agar gak dehidrasi dan juga di tambah zync 2x sehari dan protexin 1 kali sehari untuk pencernaannya.
Besoknya sekitar jam 3.30 aku kasih primperan lagi juga sanmol karna panasnya belum turun juga. ,,, ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู muntahnya agak berkurang dan mau makan meskipun sedikit. Sorenya karna si kecil sudah lemas, papi lalu gak tega dan mengajak kami ke Surabaya.

Sampai di Surabaya ,,, ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู kondisinya sedikit demi sedikit mulai membaik, namun masih juga muntah2, akhirnya obat primperannya beserta sanmol diteruskan. Keesokan harinya suhu tubuhnya sudah menurun, namun badannya masih lemah dan nafsu makannya berkurang, papi membuatkan Darrell ikan goreng tapi gak dimakan, kami juga berinisiatif membelikan nasi McD drive thru tapi tetap dia gak tertarik, akhirnya hanya diberi susu.

Sorenya aku coba nyuapin bubur di campur sedikit jeruk peras ,,, ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู dia mau, kami jadi semangat deh. Apalagi kondisinya mulai berangsur baik, minum susunya juga banyak dan pupnya meski masih mencret namun jarang hanya maksimal 2x sehari.

Seninnya kami lalu membawa Darrell ke Rumah Sakit Haji di paviliun, kebetulan sebelumnya Darrell pernah dirawat disitu selama 4 hari karna muntaber juga oleh dokter Anik, Spa.
Eh dasar sipapi yang nelpon dokter gak nanya dengan jelas, ternyata si dokter gak praktek hari itu. Jadinya sia2 deh kami ke situ hari itu.

Selasa sore, aku ama Darrell ditemani eyang putri lalu ke RS Haji paviliun lagi dengan menggunakan taxi. Sebenarnya kondisi Darrell udah baikan, udah gak muntah dan mencret lagi, tapi rasanya belum plong kalo belum konsultasi ke dokter, apalagi memang sebulan yang lalu kami di suruh kontrol lagi ke dokter tersebut. Syukurlah hari itu dokternya masuk, setelah menunggu sekitar 30 menit kami lalu dipanggil dokternya, sebelumnya Darrell ditimbang pake timbangan orang dewasa (gak tau deh kenapa gak pake timbangan bayi) apa karna si Darrell dah 1 tahun ya? BBnya hanya 8.5kg, pdh kemarinnya baru ditimbang pake timbangan bayi beratnya 9.3kg, gak tau deh yang mana yang benar :(.

Dokternya lalu menjelaskan panjang lebar kalau Darrell harus hidup bersih, tangannya harus dicuci pake air larutan dettol per 2 jam (aku kok ya lupa nanya, masa 1 taun udah boleh pake larutan dettol?), lalu makannya harus perbanyak daging biar gemuk, karna BB 8.5 untuk 1 taun tuh minim banget kata dokter, juga belum boleh makan pisang karna takutnya alergi (meski udah gak mencret tapi kalo pup Darrell selalu nangis), getah pisang katanya jelek bagi anak alergi. Aku lalu bertanya tentang niat mengganti susu formulanya (Darrell pake Bebelac 3 dan semenjak pake bebelac si kecil bermasalah trus dengan pencernaannya). Aku pengennya ganti vitalac, karna waktu lahir sampe umur 6 bulan dia minum Vitalac 1 dan ,,, ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู gak pernah bermasalah dengan pencernaannya.

Eh tapi si dokter gak setuju, katanya sama aja dengan bebelac (padahal aku udah buktikan anakku gak masalah minum vitalac), si dokter menyarankan mengganti susunya dengan susu pregestimil yang harganya fantastis bagi kami (Rp. 170an per kaleng 400gr) atau kalo mau ganti susu cari yang ada HA nya seperti Nutrilon, NAN dan Enfa (setelah ku cek harganya fantastis semua). Setelah itu Darrell diberi vitamin Betafort untuk nafsu makan dan diberi puyer untuk atasi sakit perutnya.

Setelah hampir 30 menit kami konsultasi kami lalu pamit dan membayar administrasi sebesar Rp. 100000. Aku lalu memutuskan membeli susu pregestimil untuk pengobatan pencernaannya di tambah dengan protexin 1xsehari, vitaminnya gak jadi kuminumin karna baunya yang gak sedap sampe Darrell muntah nyiumnya, begitu juga puyernya gak juga kuminumin karna perutnya udah baikan. Setelah susu pregestimilnya habis sekaleng aku lalu langsung menggantinya dengan vitalac 1+. Semoga gak sakit2an lagi ya sayang.. Sehat selalu dan jadi anak pintar serta sholeh, ุฃูŽู…ูููŠู’ู†…

Posted with WordPress for BlackBerry.