Posted in Dunia IT

Proteksi Laptop Kita Sebelum Terlambat

Dikarenakan hobi surfing aku di dunia maya yang begitu menggila, bertemulah aku dengan masalah kehilangan laptop, entah itu karena keteledoran menyimpan sembarangan atau karena ada pihak yang beneran niat ngambilnya, hehehe…. Dan aku berpikir boleh juga nih mengaplikasi software untuk ngerjain si pencuri (mudah – mudahan sih laptopku jangan dicuri).

Ada banyak aplikasi yang ada untuk memprotect data dari laptop kita disaat jika akhirnya kehilangan laptop, salah satunya yang aku pakai adalah software Prey project. Setelah mendownload software tersebut disini, lalu kuinstall ke laptop dengan mengikuti petunjuk yang ada hingga akhirnya software tersebut terinstall di laptopku. Mengenai cara – cara menginstall software tersebut dengan benar bisa kita lihat di berbagai blog yang membahas hal tersebut, salah satunya adalah di blog ini.

Langkah selanjutnya setelah menginstall dan membuat akun di software tersebut adalah mengunjungi email kita untuk mengaktifkan akun kita, klik petunjuk yang diarahkan dalam email kita sehingga akun kita aktif dan kita dapat mulai mengatur setingannya.

Nah mengenai setingan software ini harap dibaca dan dipahami dengan baik apa petunjuk software tersebut, sebagai pengalaman nih ya, aku langsung asal ngeklik kiri ngeklik kanan dan langsung disave. Dan parahnya lagi karena googling sana sini gak nemu yang membahas dengan jelas bagaimana cara setingan yang benar, jadilah aku coba – coba mengeklik laporan hilang laptop yang tertulis missing seperti dibawah ini,

PreyP

fotonya buram ya? maklum yang nulis matanya dah kayak lampu 3 watt :D, buka aja softwarenya biar jelas.

dan berikutnya aku meng on kan semua tombol – tombol yang ada dibawahnya tanpa membaca dengan jelas isi tulisannya (apalagi pake bahasa Inggris) hasilnya….. setelah 30 menit kemudian tiba – tiba layar laptopku menjadi blank dan muncul tulisan berbahasa Inggris yang gak kubaca langsung ku klik, jadilah layarnya jadi hitam dengan tampilan prey project dan meminta password untuk dibuka.

Gelagapanlah aku dibuatnya, masukan password akun Prey Project gak diterima, begitu juga dengan password laptopnya sendiri, saking bingungnya aku langsung lari ke warnet untuk membuka software Prey Project secara online dan kocaknya saking bingungnya aku lupa kalau di rumah ada komputer yang bisa digunakan online (tinggal tancapin modem doang, ckckckck). Untungnya di warnet aku bisa membuka akun prey projectku, dan setelah utak atik begitu lama dan meneliti serta membaca sambil mengartikan dengan tersendat – sendat (maklum bahasa Inggrisku dibawah rata – rata :D), akhirnya aku menemukan password yang dimaksud.

Langsung deh kumasukan password yang dimaksud ke laptop dan alhamdulillah bisa terbuka hhhhh…. Setelah terbuka aku langsung mulai online lagi dan mengganti password yang sebelumnya dengan password yang ribet bin panjang (maksudnya sih biar susah untuk diketahui orang lain), setelah disave aku mulai beronline lagi dengan tenang hingga akhirnya di menit ke 30 aku terkejut sendiri ketika laptop yang kupakai mengeluarkan suara alarm seperti suara mobil ambulance dengan kencang dan layarnya tiba – tiba menjadi hitam dan muncullah kembali program prey project tadi meminta password untuk di unlock. Dengan sedikit panik aku memasukkan password baru yang telah kuganti sebelumnya daaannnn ternyata password tersebut gak bisa diakses karena terlalu panjang melebihi kotak yang disediakan.

Panik kembali melandaku, namun dikarenakan jam di dinding telah menunjukkan pukul 22.00 dan wajah suami tercintaku sudah begitu kuyu oleh kantuk, jadinya aku mulai mengutak atik melalui ponsel yang ternyata jaringannya lelet bikin panik semakin memuncak, di tengah panik yang mendalam mataku tertuju pada komputer jadulku tersayang, mulailah aku online di komputer tersebut hingga akhirnya masalah laptop terkunci bisa diselesaikan, hmmmm…

Nah untuk berbagi agar para sahabat gak mengalami hal memusingkan seperti aku, aku mau berbaik hati memberikan beberapa tips untuk mengoperasikan software canggih tapi kadang membuat kita jadi “senjata makan tuan” ini, antara lain:

  1. Jaga dengan baik rahasia password akun Prey Project anda, karena kalo si pencuri tau password anda kan sama aja boong dong make software ini :D.
  2. Atur setingan akun anda dengan bijak, jangan di klik missing kalo gak hilang (lama – lama hilang beneran loh, hehehe)
  3. Untuk setingan information for gatherbolehlah di klik on atau yes di setiap pilihannya
  4. Untuk setingan Actions to perform sebaiknya di off kan saja dulu, nanti aja kalau laptopnya hilang beneran (mudah – mudahan gak pernah ya!) baru di on sekalian di laporin hilang dengan mengeklik missing, karena jika di on kan maka setiap waktu yang kita setting misalnya 30 menit maka laptop kita akan menjerit – jerit plus minta password unlock (yang ternyata udah diperingatkan –> lihat tulisan merah pada gambar di atas #Capedeh)
  5. Jangan pernah membuat password unlock sepanjang rel kereta api, password yang disarankan gak boleh lebih dari 20 huruf tanpa spasi, namun kalaupun anda sudah terlanjur membuat password sepanjang rel kereta api seperti aku dan akhirnya laptop anda terblokir, jangan panik dulu, segera hapus keringat panik anda. Anda cukup masuk ke akun prey project online anda ubah kembali password anda dengan password yang bijaksana (gak boleh lebih dari 20 huruf ya!), atau kalau gak mau ribet cukup off kan locknya lalu save, kemudian matikan laptop anda secara manual, tunggu beberapa saat lalu nyalakan kembali, dan holaaaaa…. masalah unlock terpecahkan dengan mudah

Setidaknya itu yang aku alami malam ini, semoga bermanfaat bagi para sahabat dan semoga laptop kita gak pernah hilang, aminn….

Author:

now is housewife and try to be a good mother for my baby (duluu) Lalu back to working mom again ....

3 thoughts on “Proteksi Laptop Kita Sebelum Terlambat

  1. mba jeda berapa lam waktunya sejak mba memasukan pasword nya,,,dan klo bisa paswordnya yang di sebelah mn?
    mohon penjelasannya…?
    soal nya hp saya juga kena “android”…mohon bantuan nya?

    1. Haiii, maaf jarang banget buka blog ini, jadinya baru jawab skg, aslinya sih dulu aku cuman nyoba2 aja, ato dgn kata lain kurang kerjaan lah,,,, sampe akhirnya panik sendiri 😀

      Kalo gak salah waktu itu aku masukin paswordnya lalu iseng2 ku setting on di action to performs, dan kira2 30 menit kemudian laptopnya meraung2 kayak sirine dan minta pasword untuk unlock …

      kalo untuk smartphone belum pernah nyoba sih, tapi mestinya gak tauh beda ama buat laptop, jadi tinggal install lalu setting di informations nya, nah utk lebih jelasnya lsg aja buka webnya 😀

Leave a Reply

