Posted in Anak

Pengalaman #Darrell Mengkonsumsi Nutrishake Dalam 2 Bulan

Dulunya, saya pikir hal yang membahagiakan bagi orang tua adalah anak yang pintar.

Ternyata saya salah besar!

Hal yang membahagiakan bagi orang tua adalah, melihat anak tumbuh sehat dan ceria.

Dan saya harus mengalami betapa sedihnya hati ini, galau berkepanjangan ketika melihat anak yang selalu saja sakit-sakitan.

Yup, anak saya Darrell, adalah seorang anak yang picky eater sehingga tumbuh dengan badan yang kurus, daya tahan tubuh yang sangat buruk (setiap bulan langganan ke dokter spesialis anak, pernah opname di RS karena muntaber dan di diagnosa kena virus Kawasaki) serta langganan batuk (sepertinya alergi, meskipun sempat mengkonsumsi obat TB Kelenjar karena di vonis oleh professor tanpa pemeriksaan lengkap)

Baca : Ketika Darrell di Diagnosa Kena Virus KAWASAKI   

dan Ketika Darrell Harus Mengkonsumsi Obat Rimstar Selama 6 Bulan

Gak usah di tanya juga seberapa sering dia mengkonsumsi obat anti biotik, terlebih saat di tangani oleh professor, sering saya menahan air mata saat memaksanya minum 2 macam antibiotik sekaligus meski Darrell sudah nyaris muntah karena bosan minum obat.

Continue reading “Pengalaman #Darrell Mengkonsumsi Nutrishake Dalam 2 Bulan”

Advertisements
Posted in Anak

Tentang Batuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh

Orang tua mana yang tidak khawatir apabila anaknya mengalami batuk-batuk
yang tidak kunjung sembuh?
Orang tua mana yang tidak akan pergi ke dokter lain apabila anaknya setelah diberi obat oleh dokter, kemudian tidak berhenti batuknya?

Beberapa pernyataan yang sering kita dengar
dari para orang tua, antara lain:

“Aduh, si dokter anak A gak jago yah, gak sembuh-sembuh nih batuk anak
saya.”

“Anak saya cocok nih dengan dokter anak B, langsung sembuh loh batuknya
abis dari dia!”

“Wah, kalau ke dokter umum pasti deh gak bakal sembuh batuk anak saya,
kurang hebat sepertinya ya!”

Apakah pernyataan orang tua tersebut benar? Tidak benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. Apa yang mereka katakan memang berdasarkan pengalaman pribadi mereka sendiri.
Apa yang dilihatnya adalah ketidaksembuhan anak mereka dari batuk-batuk tersebut.
Lalu, apakah itu akibat dokter tersebut tidak hebat atau salah memberikan obat?
Setelah membaca artikel ini, kita pasti akan bisa menjawabnya!

Pengetahuan akan fungsi, penyebab utama, dan penanganan batuk pada anak
mutlak perlu untuk diketahui oleh para orang tua, supaya ketika anak
mereka mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, mereka tidak menjadi
khawatir, mengerti apa yang menyebabkannya, dan tidak menyalahkan tenaga
kesehatan akan masalah tersebut.

Darrell ketika usia playgroup, masih belum kena batuk lama sembuh :’)

Continue reading “Tentang Batuk Anak Yang Tak Kunjung Sembuh”

Posted in Anak

Ketika Si Kecil Batuk Pilek

Image
Darrell di pusat permainan anak – anak

Musim penghujan telah mengunjungi kita, akhir – akhir ini hampir tak ada satu harupun yang terlewati tanpa si hujan. Kondisi seperti ini memang sangat menyenangkan juga kadang membuat sedih, khususnya saya yang seorang ibu. Yah, Hujan yang begitu rajin mengunjungi kita menjadikan pakaian yang di jemur tak kunjung kering, juga membuat si kecil tersayang menjadi gampang terserang penyakit, khususnya BATUK PILEK.

Dulu, ketika si kecil saya berumur di bawah satu tahun, dan ketika saya masih menjadi seorang karyawan kantoran, jika si kecil saya terkena batuk pilek, saya pasti langsung panik dan dengan bergegas mengunjungi dokter anak. Tidak peduli batuknya baru terjadi sehari ataupun hanya sedikit pilek. Syukurlah setelah saya memutuskan untuk meninggalkan dunia kerja di luar dan berdiam di rumah mengasuh si kecil sendiri, semua menjadi lebih baik.

Ketika si kecil batuk dan pilek, saya jarang mengajaknya ke dokter anak, bahkan sudah hampir setahun kami tidak pernah mengunjungi dokter anak untuk berobat. Hal itu disebabkan juga oleh rasa trauma saya pada dokter – dokter anak yang ada di kota ini, yang selalu dengan mudahnya memberikan antibiotik pada si kecil.

Nah pastinya sahabat bingung apa yang saya lakukan jika si kecil saya batuk pilek. banyak cara kok menyembuhkan batuk pileknya tanpa harus ke dokter yang ujung – ujungnya juga menghabiskan banyak biaya dan juga harus memasukkan antibiotik ke tubuh si kecil yang mungkin hal itu tidak perlu.

Biasanya jika si kecil saya terserang batuk pilek saya hanya melakukan beberapa tindakan seperti :

  1. Memperbanyak asupan air minum hangat. Berikan air putih hangat sesering mungkin agar batuknya berkurang, air putih hangat dapat membantu melonggarkan dahak sehingga dahaknya bisa tertelan dan tidak mengganggu pernapasannya.
  2. Perbanyak istrahat. Ajaklah si kecil untuk beristrahat lebih banyak dari biasanya, jika si kecil menolak untuk beristrahat, bisa dilakukan dengan menemaninya istrahat di dalam kamar, hingga si kecil dapat ikut beristrahat juga.
  3. Perbanyak asupan makanan bergizi. Biasanya saya akan memberikan makanan yang sehat, dan mengurangi makanan mengandung minyak dan santan.
  4. Jika si kecil rewel di malam hari karena hidungnya tersumbat, segera angkat kepalanya dan beri bantal yang lebih tinggi, namun jika hal tersebut tidak membantu saya memberikan larutan NaCL yang bisa di beli di apotik – apotik terdekat.

Syukur Alhamdulillah, si kecil saya tidak pernah mengalami batuk pilek sampai begitu parah, biasanya dia hanya akan batuk – batuk selama paling lama tiga hari, dan seterusnya sisa pilek saja dan jika beristrahat dengan teratur akan hilang paling lama 2 minggu.

Yah, musim hujan memang rentan dengan penyakit, dan si kecil saya selalu rajin mengunjungi pusat permainan anak – anak, jadinya sering pilek deh. Oleh karena itu jangan lupa menjaga kebersihan tangan si kecil kita setelah bermain di tempat umum.

Semoga si kecil selalu sehat ya, bahagia rasanya melihat tingkah pola dan tawa riangnya selalu saat sehat 🙂

Posted in Anak

Popok dan Toilet Training untuk si Kecil

my Darrell

Menjelang usia 3 bulan si kecil lucuku, telah kukenalkan dengan yang namanya popok sekali pakai, sebenarnya sih sebelumnya juga sering pakai, cuman gak tiap hari. Hal itu dikarenakan masa cuti bekerjaku hampir berakhir dan aku harus kembali bekerja, itu berarti si kecilku akan diasuh sementara oleh eyangnya di rumah eyangnya. Aku merasa sungkan jika eyangnya kerepotan harus mengganti bajunya terus atau mengepel lantai karena diompolin si kecil, jadinya aku memakaikan popok sekali pakai untuk sikecil.

Beruntung anakku meski kulitnya sedikit sensitif namun dia masih cocok memakai popok merk Sweety, jadinya setiap harinya dia memakai popok sweety sambil diselingi oleh popok Mamypoko standart (kan lumayan irit tuh :D). Hari berganti hari si kecilku jadi terbiasa memakai popok hingga usianya menginjak setahun lebih dia masih mengenakan popok. Masalah mulai mengganggu di saat si kecil mulai belajar berjalan di usia 14 bulan, mulai banyak deh yang sibuk khawatir si kecilku gak bisa jalan alias jalannya jadi ngangkang karena keseringan pake popok, dan ada juga yang khawatir anakku gak bisa ….. Baca selanjutnya 😀

Posted in Anak

“Laptop” Baru Darrell

Si Darrell lagi hepi tuh, barusan dibeliin papi “lepi2an”, abisnya… sukanya gangguin mami kalo lagi ngelepi :D, jadinya pas kita ke Surabaya ketemuan ama tante Yani aka mama Baim yang dari Lembata ke Surabaya mo ikut diklat, pulangnya mampir deh kita ke Cinderella di Sidoarjo, soalnya menurut pengalaman di situ barang2 anak kecil murah2 deh 😀

Setelah mendapat lepi2an yang dimaksud dengan harga 238rebo dan si Darrell numpang mojok sambil (maaf :D) pup booookkk , dan akhirnya kita mampir ke POM bensin deket Cinderella itu untuk bersihinnya.

Pulangnya kita lewat tol dan mampir ke Indomaret di peristrahatan Tol Sidoarjo – Surabaya langsung deh kita juga mampir A&W untuk makan malam dan si Darrell langsung beraksi mengoperasikan lepi barunya 😀

ImageSi Darrell lagi sibuk lepi an di bantu papi 😀 …baca selengkapnya 😀

Posted in Anak

Happy 2nd Birthday my Little Hero

Banyak yang mengatakan “gak terasa ya, udah 2 taun”. Iya bagi mereka mungkin gak terasa, tapi kalo bagiku ya “terasa”, hehehe 😀

Meskipun “terasa” tapi masih teringat 2 tahun yang lalu saat jagoan kecilku lahir menyapa dunia. Karunia gak terhingga yang Allah berikan pada kami, Alhamdulillah 🙂

Yup anakku, sayangku, pujaan hatiku berulang tahun yang kedua, tepatnya 27 November 2012, karna ultah pertamanya saat itu bersamaan dengan akikahnya di rumah eyang, maka kali ini aku dan papi sepakat merayakan bertiga namun dibuat meriah dengan hiasan pita dan balon – balon.

Aku pun gak ketinggalan membuatkan Darrell cake ultah berbahan sponge cake yang ternyata setelah kukerjakan semalam suntuk hasilnya masih rada bantat, hiks 😥
, untungnya hiasannya lumayanlah meski gak bagus – bagus banget kayak yang dijual di toko – toko cake 😀


Meskipun bentuknya masih amatiran, tapi lumayanlah, dan pastinya dibuat dengan cinta sampai selesai pukul 02.00 dini hari, hufff :

Akhirnya sekitar pukul 7 malam kita mulai deh acara tiup lilin, potong kue dan buka kado, hehehehe. Darrell seneng banget diajak tiup lilin, potong kue, makan kue dan buka kadonya, Alhamdulillah 😀


Selamat ulang tahun anakku, jagoanku, matahariku, bulanku, bintangku, segalaku…
semoga panjang umur, sehat selalu, tumbuh menjadi anak yang sholeh, berbakti pada orang tua, berguna bagi sesama dan selalu diberi kemudahan berjalan di jalan yang di ridhai Allah, amiiinnnnn :*, mami papi love you so much…

Posted in Anak

Ketika Darrell Sakit (lagi)

Beteee… Udah nulis panjang2 lah kehapus karna BB direstart 😦

Yup mo cerita tentang Darrell ne, si kecilku lagi bobo ne, hari ini dia agak rewel, gak tau kenapa deh.
Barusan Jumat kemaren 16 Des 11, si kecil sakit (lagi) muntaber.
Sekitar pukul 14.00 siang dia mulai muntah2 sampe 7 kali di jam 00.00, hmmmmm… Pusingnya minta ampun deh, mana khawatir dia kenapa2, mana bingung dia make baju apa karna bajunya semua basah dimuntahin, udah gitu ditambah pup cair 2 kali lagi :(…
Untungnya papi cepet pulang bantuin bersihin muntahannya. Apalagi suhu tubuhnya mulai naik sampe 37.9 😥

Akhirnya sekitar pukul 20.30 aku kasih obat primperan sisa dari dokter Nadjib SPA sebulan yang lalu dia muntaber, muntahnya lumayan berkurang namun kalo diberi susu lagi dia kembali muntah, jadinya dikasih susu dikit2 aja, daripada banyak tapi dimuntahin.
Alhasil aku jadi miris dia nangis n rewel semalaman karna kehausan.
Namun oralit tetap sedia setiap habis pup segera kuminumin agar gak dehidrasi dan juga di tambah zync 2x sehari dan protexin 1 kali sehari untuk pencernaannya.
Besoknya sekitar jam 3.30 aku kasih primperan lagi juga sanmol karna panasnya belum turun juga. ,,, اَلْحَمْدُلِلّهِ muntahnya agak berkurang dan mau makan meskipun sedikit. Sorenya karna si kecil sudah lemas, papi lalu gak tega dan mengajak kami ke Surabaya.

Sampai di Surabaya ,,, اَلْحَمْدُلِلّهِ kondisinya sedikit demi sedikit mulai membaik, namun masih juga muntah2, akhirnya obat primperannya beserta sanmol diteruskan. Keesokan harinya suhu tubuhnya sudah menurun, namun badannya masih lemah dan nafsu makannya berkurang, papi membuatkan Darrell ikan goreng tapi gak dimakan, kami juga berinisiatif membelikan nasi McD drive thru tapi tetap dia gak tertarik, akhirnya hanya diberi susu.

Sorenya aku coba nyuapin bubur di campur sedikit jeruk peras ,,, اَلْحَمْدُلِلّهِ dia mau, kami jadi semangat deh. Apalagi kondisinya mulai berangsur baik, minum susunya juga banyak dan pupnya meski masih mencret namun jarang hanya maksimal 2x sehari.

Seninnya kami lalu membawa Darrell ke Rumah Sakit Haji di paviliun, kebetulan sebelumnya Darrell pernah dirawat disitu selama 4 hari karna muntaber juga oleh dokter Anik, Spa.
Eh dasar sipapi yang nelpon dokter gak nanya dengan jelas, ternyata si dokter gak praktek hari itu. Jadinya sia2 deh kami ke situ hari itu.

Selasa sore, aku ama Darrell ditemani eyang putri lalu ke RS Haji paviliun lagi dengan menggunakan taxi. Sebenarnya kondisi Darrell udah baikan, udah gak muntah dan mencret lagi, tapi rasanya belum plong kalo belum konsultasi ke dokter, apalagi memang sebulan yang lalu kami di suruh kontrol lagi ke dokter tersebut. Syukurlah hari itu dokternya masuk, setelah menunggu sekitar 30 menit kami lalu dipanggil dokternya, sebelumnya Darrell ditimbang pake timbangan orang dewasa (gak tau deh kenapa gak pake timbangan bayi) apa karna si Darrell dah 1 tahun ya? BBnya hanya 8.5kg, pdh kemarinnya baru ditimbang pake timbangan bayi beratnya 9.3kg, gak tau deh yang mana yang benar :(.

Dokternya lalu menjelaskan panjang lebar kalau Darrell harus hidup bersih, tangannya harus dicuci pake air larutan dettol per 2 jam (aku kok ya lupa nanya, masa 1 taun udah boleh pake larutan dettol?), lalu makannya harus perbanyak daging biar gemuk, karna BB 8.5 untuk 1 taun tuh minim banget kata dokter, juga belum boleh makan pisang karna takutnya alergi (meski udah gak mencret tapi kalo pup Darrell selalu nangis), getah pisang katanya jelek bagi anak alergi. Aku lalu bertanya tentang niat mengganti susu formulanya (Darrell pake Bebelac 3 dan semenjak pake bebelac si kecil bermasalah trus dengan pencernaannya). Aku pengennya ganti vitalac, karna waktu lahir sampe umur 6 bulan dia minum Vitalac 1 dan ,,, اَلْحَمْدُلِلّهِ gak pernah bermasalah dengan pencernaannya.

Eh tapi si dokter gak setuju, katanya sama aja dengan bebelac (padahal aku udah buktikan anakku gak masalah minum vitalac), si dokter menyarankan mengganti susunya dengan susu pregestimil yang harganya fantastis bagi kami (Rp. 170an per kaleng 400gr) atau kalo mau ganti susu cari yang ada HA nya seperti Nutrilon, NAN dan Enfa (setelah ku cek harganya fantastis semua). Setelah itu Darrell diberi vitamin Betafort untuk nafsu makan dan diberi puyer untuk atasi sakit perutnya.

Setelah hampir 30 menit kami konsultasi kami lalu pamit dan membayar administrasi sebesar Rp. 100000. Aku lalu memutuskan membeli susu pregestimil untuk pengobatan pencernaannya di tambah dengan protexin 1xsehari, vitaminnya gak jadi kuminumin karna baunya yang gak sedap sampe Darrell muntah nyiumnya, begitu juga puyernya gak juga kuminumin karna perutnya udah baikan. Setelah susu pregestimilnya habis sekaleng aku lalu langsung menggantinya dengan vitalac 1+. Semoga gak sakit2an lagi ya sayang.. Sehat selalu dan jadi anak pintar serta sholeh, أَمِِيْن…

Posted with WordPress for BlackBerry.